Pendidikan merupakan aspek terpenting dalam memajukan suatu bangsa, sehingga pendidikan harus dilakukan secara profesional. Dan guru adalah ujung tombak dalam menentukan sukses atau tidaknya pendidikan, oleh karena itu guru harus mampu bersikap profesional dalam menyelenggarakan pendidikan.
Guru adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
Kegiatan mendidik, mengajar dan membimbing adalah kegiatan yang urgen dalam keberhasilan pembelajaran maupun pendidikan, oleh karena itu guru dituntut menguasai kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.
Guru atau pendidik adalah salah satu komponen utama dalam proses pendidikan. Mereka tidak hanya sekedar penyampai informasi, namun juga memiliki peran strategi dalam membentuk karakter, etika, dan kemampuan siswa. Oleh karena itu, Satuan pendidikan SD IT Quranic Al Abror membentuk Komunitas Belajar (Kombel) dalam rangkat peningkatan kompetensi pendidik tersebut.
Komunitas belajar adalah sekelompok pendidik dan tenaga kependidikan yang belajar bersama-sama dan berkolaborasi secara terjadwal dengan tujuan yang jelas dan terukur untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, berbagi Praktik Baik sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik.
Komunitas belajar dalam sekolah sangat penting karena komunitas belajar menjadi wadah untuk saling bertukar pendapat, menyelesaikan masalah yang muncul dalam kegiatan sekolah Dan admininitrasi
guru dalam lingkungan sekolah. merealisasikan terjadinya kolaborasi antar pendidik.
Dengan adanya komunitas belajar dalam sekolah, ketimpangan kompetensi antar pendidik dapat diminimalisir, sehingga peserta didik memeroleh pengalaman belajar dengan kualitas yang sama siapapun pendidiknya.
Proses belajar dalam komunitas yang terjadi secara berkelanjutan dan terprogram akan membentuk lingkungan dan budaya belajar yang akan berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka Komunitas Belajar (Kombel) SD IT Quranic Al Abror Kecamatan Natar melaksanakan Kegiatan Berbagi Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka dan Perencanaan Berbasis Data dengan tujuan Anggota komunitas akan berbagi pengalaman positif dalam mengajar dan mengelola kelas
TUJUAN KEGIATAN
Guru memahami dan menerapkan terkait :
1. Perencanaan Berbasis Data (PBD) Rapor Pendidikan
2. Penyusunan Program Tahunan dan Program Semester
3. Penyusunan Capaian Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran
4. Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka
5. Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD
6. Penyusunan Kisi-Kisi Soal dan instrumen penilaian
7. Penyusunan Naskah Soal
8. Praktek Presentasi Berbagi Praktek Baik
9. Tugas Mandiri
MANFAAT KEGIATAN
- Memotivasi guru yang profesional untuk mengembangkan mutu dan prestasi kerja pada sekolah tempat tugas masing-masing.
- Meningkatkan kemampuan profesional Guru, khususnya kompetensi dalam mengajar.
- Mengembangkan kemampuan guru dalam bidang kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.
SASARAN
TARGET
Target yang harus dicapai dari kegiatan tersebut adalah peserta Berbagi Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka dan Perencanaan Berbasis Data dapat memahami dan memiliki keterampilan tentang Implementasi Kurikulum Merdeka.
DESKRIPSI TEMPAT DAN WAKTU
TERBIMBING : Pemaparan, Diskusi dan Bimbingan
a) Tanggal : 7 Februari 2025
b) Waktu : 13.00 – 15.00 WIB
c) Tempat : Aula Pertemuan SD IT Quranic Al Abror
MANDIRI : Pengayaan, Bimbingan dan Tugas Mandiri
a) Tanggal : 8 - 21 Februari 2025
b) Waktu : 08.00 – 14.30 WIB
c) Tempat : Mandiri dan Tatap Muka Tgl 21 Februrai 2025
STRUKTUR KEGIATAN
Waktu | Kegiatan | Topik Materi | Keterangan/Narasumber | ||
12.30 | 13.00 | Pembukaan |
| | ZUNI YAHYA, S.PKP, S.Pd |
13.00 | 13.30 | Materi 1. SIMAAN AL-QUR'AN | Membaca Al Qur'an sesuai kaidah Tajwid yang benar | Bergantian setiap Guru | 1. EMA FITRIANI, S.Pd. 2. ZUNI YAHYA, S,PKP,. S.Pd. |
13.30 | 14.30 | Materi 2. Pembelajaran bermakna | Penyusunan Capaian Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran | Penyusunan Kisi-Kisi Soal dan instrumen penilaian | |
14.30 | 15.15 | Penilaian Pemahaman via Quiziz | |||
15.15 | 16.00 | Tugas | | | |
16.00 | 16.15 | Penutupan | | | ZUNI YAHYA, S.PKP, S.Pd |
REKAPITULASI KEHADIRAN
TERBIMBING : Pemaparan, Diskusi dan Bimbingan
Narasumber : 1 Orang
Peserta : 9 Orang
Jumlah : 10 Orang
MANDIRI : Pengayaan, Bimbingan dan Tugas Mandiri
Narasumber : 1 Orang
Peserta : 9 Orang
Jumlah : 10 Orang
DOKUMENTASI KEGIATAN