Pendidikan merupakan aspek terpenting dalam memajukan suatu bangsa, sehingga pendidikan harus dilakukan secara profesional. Dan guru adalah ujung tombak dalam menentukan sukses atau tidaknya pendidikan, oleh karena itu guru harus mampu bersikap profesional dalam menyelenggarakan pendidikan.
Guru adalah jabatan
fungsional yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang
untuk melakukan kegiatan mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih,
menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan
formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
Kegiatan mendidik,
mengajar dan membimbing adalah kegiatan yang urgen dalam keberhasilan
pembelajaran maupun pendidikan, oleh karena itu guru dituntut menguasai kompetensi
pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi
profesional.
Guru atau pendidik
adalah salah satu komponen utama dalam proses pendidikan. Mereka tidak hanya
sekedar penyampai informasi, namun juga memiliki peran strategi dalam membentuk
karakter, etika, dan kemampuan siswa. Oleh karena itu, Satuan pendidikan SD IT
Quranic Al Abror membentuk Komunitas Belajar (Kombel) dalam rangkat peningkatan
kompetensi pendidik tersebut.
Komunitas belajar adalah sekelompok pendidik dan tenaga kependidikan yang belajar bersama-sama dan berkolaborasi secara terjadwal dengan tujuan yang jelas dan terukur untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, berbagi Praktik Baik sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik.
Komunitas belajar dalam sekolah sangat penting karena
komunitas belajar menjadi wadah untuk saling bertukar pendapat, menyelesaikan
masalah yang muncul dalam kegiatan sekolah Dan admininitrasi
guru
dalam lingkungan sekolah. merealisasikan terjadinya kolaborasi antar pendidik.
Dengan adanya komunitas belajar dalam sekolah, ketimpangan
kompetensi antar pendidik dapat diminimalisir, sehingga peserta didik memeroleh
pengalaman belajar dengan kualitas yang sama siapapun pendidiknya.
Proses belajar dalam komunitas yang terjadi secara
berkelanjutan dan terprogram akan membentuk lingkungan dan budaya belajar yang
akan berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta
didik.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka Komunitas
Belajar (Kombel) SD IT Quranic Al Abror Kecamatan Natar melaksanakan Kegiatan Berbagi Praktik Baik
Implementasi Kurikulum Merdeka dan Perencanaan Berbasis Data dengan tujuan Anggota
komunitas akan berbagi pengalaman positif dalam mengajar dan mengelola kelas
TUJUAN KEGIATAN
Guru memahami dan
menerapkan terkait :
1.
Perencanaan Berbasis
Data (PBD) Rapor Pendidikan
2.
Penyusunan Program
Tahunan dan Program Semester
3.
Penyusunan Capaian
Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran
4.
Penyusunan Modul Ajar
Kurikulum Merdeka
5.
Penyusunan Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD
6.
Penyusunan Kisi-Kisi
Soal dan instrumen penilaian
7. Penyusunan Naskah Soal
8. Praktek
Presentasi Berbagi Praktek Baik
9. Tugas
Mandiri
MANFAAT KEGIATAN
1. Memotivasi guru yang
profesional untuk mengembangkan
mutu dan prestasi kerja pada sekolah tempat tugas masing-masing.
2. Meningkatkan kemampuan profesional Guru, khususnya kompetensi
dalam mengajar.
3. Mengembangkan
kemampuan guru dalam bidang kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian,
kompetensi sosial dan kompetensi profesional.
SASARAN
Terwujudnya peningkatan
kompetensi Guru di Satuan Pendidikan SD IT Quranic Al Abror Kecamatan Natar yang
memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap yang profesional sebagai guru sesuai
dengan tugas dan tanggung jawab sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang.
TARGET
Target yang
harus dicapai dari kegiatan tersebut adalah peserta Berbagi
Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka dan Perencanaan Berbasis Data dapat
memahami dan memiliki keterampilan tentang Implementasi
Kurikulum Merdeka.
DESKRIPSI TEMPAT DAN WAKTU
Terbimbing : Pemaparan,
Diskusi dan Bimbingan
a) Tanggal : 27 Februari 2024
b) Waktu : 12.30 – 16.15 WIB
c) Tempat : Aula Pertemuan SD IT Quranic Al Abror
Mandiri : Pengayaan,
Bimbingan dan Tugas Mandiri
a) Tanggal : 28 Februari 2024 - 7 Maret 2024
b) Waktu : 08.00 – 14.30 WIB
c) Tempat : Mandiri dan Daring
Struktur KEGIATAN
Waktu |
Kegiatan |
Topik Materi |
Keterangan/Narasumber |
||
12.30 |
13.00 |
Pembukaan |
Perencanaan Berbasis Data (PBD)
Rapor Pendidikan |
|
ZUNI YAHYA, S.PKP, S.Pd |
13.00 |
13.45 |
Penyampaian Materi 1. |
Penyusunan Program Tahunan dan
Program Semester |
Penyusunan Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) |
1. EMA FITRIANI, S.Pd (Guru Kelas 2) 2. PUJI UTAMI, S.Pd.I. (Guru PAI) |
13.45 |
14.30 |
Penyampaian Materi 2. |
Penyusunan Capaian Pembelajaran,
Alur Tujuan Pembelajaran |
Penyusunan Kisi-Kisi Soal dan
instrumen penilaian |
|
14.30 |
15.15 |
Penyampaian Materi 3. |
Penyusunan Modul Ajar Kurikulum
Merdeka |
Penyusunan Naskah Soal |
|
15.15 |
16.00 |
Tugas |
|
|
|
16.00 |
16.15 |
Penutupan |
|
|
ZUNI YAHYA, S.PKP, S.Pd |
Rekapitulasi kehadiran
Terbimbing : Pemaparan,
Diskusi dan Bimbingan
Narasumber : 3 Orang
Peserta :
9 Orang
Jumlah :
12 Orang
Mandiri : Pengayaan,
Bimbingan dan Tugas Mandiri
Narasumber : 3 Orang
Peserta : 9 Orang
Jumlah : 12 Orang
DOKUMENTASI KEGIATAN