KOMUNITAS BELAJAR (KOMBEL)

SD IT Quranic Al Abror
Smart - Berakarakter - Istiqomah

Berbagi Praktek Baik Perencanaan Berbasis Data (PBD) dan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Guru Kelas 2 dan Guru PAI

Posted by ZUNI YAHYA on Februari 27, 2024

             Pendidikan merupakan aspek terpenting dalam memajukan suatu bangsa, sehingga pendidikan harus dilakukan secara profesional. Dan guru adalah ujung tombak dalam menentukan sukses atau tidaknya pendidikan, oleh karena itu guru harus mampu bersikap profesional dalam menyelenggarakan pendidikan.

Guru adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Kegiatan mendidik, mengajar dan membimbing adalah kegiatan yang urgen dalam keberhasilan pembelajaran maupun pendidikan, oleh karena itu guru dituntut menguasai kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.

Guru atau pendidik adalah salah satu komponen utama dalam proses pendidikan. Mereka tidak hanya sekedar penyampai informasi, namun juga memiliki peran strategi dalam membentuk karakter, etika, dan kemampuan siswa. Oleh karena itu, Satuan pendidikan SD IT Quranic Al Abror membentuk Komunitas Belajar (Kombel) dalam rangkat peningkatan kompetensi  pendidik tersebut.

Komunitas belajar adalah sekelompok pendidik dan tenaga kependidikan yang belajar bersama-sama dan berkolaborasi secara terjadwal dengan tujuan yang jelas dan terukur untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, berbagi Praktik Baik sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik.

Komunitas belajar dalam sekolah sangat penting karena komunitas belajar menjadi wadah untuk saling bertukar pendapat, menyelesaikan masalah yang muncul dalam kegiatan sekolah Dan admininitrasi

guru dalam lingkungan sekolah. merealisasikan terjadinya kolaborasi antar pendidik.

Dengan adanya komunitas belajar dalam sekolah, ketimpangan kompetensi antar pendidik dapat diminimalisir, sehingga peserta didik memeroleh pengalaman belajar dengan kualitas yang sama siapapun pendidiknya.

Proses belajar dalam komunitas yang terjadi secara berkelanjutan dan terprogram akan membentuk lingkungan dan budaya belajar yang akan berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

Berdasarkan latar belakang tersebut maka Komunitas Belajar (Kombel) SD IT Quranic Al Abror Kecamatan Natar melaksanakan Kegiatan Berbagi Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka dan Perencanaan Berbasis Data dengan tujuan Anggota komunitas akan berbagi pengalaman positif dalam mengajar dan mengelola kelas

                                                                                         

TUJUAN KEGIATAN

Guru memahami dan menerapkan terkait  :

1.     Perencanaan Berbasis Data (PBD) Rapor Pendidikan

2.     Penyusunan Program Tahunan dan Program Semester

3.     Penyusunan Capaian Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran

4.     Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka

5.     Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD

6.     Penyusunan Kisi-Kisi Soal dan instrumen penilaian

7.     Penyusunan Naskah Soal

8.     Praktek Presentasi Berbagi Praktek Baik  

9.     Tugas Mandiri

 

MANFAAT KEGIATAN


1.     Memotivasi guru yang profesional untuk mengembangkan mutu dan prestasi kerja pada sekolah tempat tugas masing-masing.

2.     Meningkatkan kemampuan profesional Guru, khususnya kompetensi dalam mengajar.

3.     Mengembangkan kemampuan guru dalam bidang kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.

 

SASARAN

Terwujudnya peningkatan kompetensi Guru di Satuan Pendidikan SD IT Quranic Al Abror Kecamatan Natar yang memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap yang profesional sebagai guru sesuai dengan tugas dan tanggung jawab sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang.

 

TARGET

Target yang harus dicapai dari kegiatan tersebut adalah peserta Berbagi Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka dan Perencanaan Berbasis Data dapat memahami dan memiliki keterampilan tentang Implementasi Kurikulum Merdeka.

 

DESKRIPSI TEMPAT DAN WAKTU

Terbimbing : Pemaparan, Diskusi dan Bimbingan

a)     Tanggal         : 27 Februari 2024

b)     Waktu           : 12.30 – 16.15 WIB

c)     Tempat          : Aula Pertemuan SD IT Quranic Al Abror

Mandiri : Pengayaan, Bimbingan dan Tugas Mandiri

        a)     Tanggal         : 28 Februari 2024 - 7 Maret 2024

        b)     Waktu           :    08.00 – 14.30 WIB

        c)     Tempat          : Mandiri dan Daring

 

Struktur  KEGIATAN

 

Waktu

Kegiatan

Topik Materi

Keterangan/Narasumber

12.30

13.00

Pembukaan

Perencanaan Berbasis Data (PBD) Rapor Pendidikan

 

ZUNI YAHYA, S.PKP, S.Pd

13.00

13.45

Penyampaian Materi 1.

Penyusunan Program Tahunan dan Program Semester

Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

1. EMA FITRIANI, S.Pd (Guru Kelas 2)

2. PUJI UTAMI, S.Pd.I. (Guru PAI)

 

13.45

14.30

Penyampaian Materi 2.

Penyusunan Capaian Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran

Penyusunan Kisi-Kisi Soal dan instrumen penilaian

14.30

15.15

Penyampaian Materi 3.

Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Penyusunan Naskah Soal

15.15

16.00

Tugas

 

 

16.00

16.15

Penutupan

 

 

ZUNI YAHYA, S.PKP, S.Pd

 

Rekapitulasi kehadiran

 

Terbimbing : Pemaparan, Diskusi dan Bimbingan

Narasumber                 : 3 Orang

Peserta                        : 9 Orang  

Jumlah                         : 12 Orang

Mandiri : Pengayaan, Bimbingan dan Tugas Mandiri

Narasumber                 : 3 Orang

Peserta                        : 9 Orang  

Jumlah                        : 12 Orang

 

DOKUMENTASI KEGIATAN












Nama Anda
New Johny WussUpdated: Februari 27, 2024

Kegiatan Sekolah

__________________

Profil

Tahap Pengembangan

Total Tayangan Halaman

CB