Pendidikan
merupakan aspek terpenting dalam memajukan suatu bangsa, sehingga pendidikan
harus dilakukan secara profesional. Dan guru adalah ujung tombak dalam
menentukan sukses atau tidaknya pendidikan, oleh karena itu guru harus mampu
bersikap profesional dalam menyelenggarakan pendidikan.
Guru
adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab,
dan wewenang untuk melakukan kegiatan mendidik, mengajar, membimbing,
mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan
anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan
menengah.
Kegiatan
mendidik, mengajar dan membimbing adalah kegiatan yang urgen dalam keberhasilan
pembelajaran maupun pendidikan, oleh karena itu guru dituntut menguasai
kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi
profesional.
Guru
atau pendidik adalah salah satu komponen utama dalam proses pendidikan. Mereka
tidak hanya sekedar penyampai informasi, namun juga memiliki peran strategi
dalam membentuk karakter, etika, dan kemampuan siswa. Oleh karena itu, Satuan
pendidikan SD IT Quranic Al Abror membentuk Komunitas Belajar (Kombel) dalam
rangkat peningkatan kompetensi pendidik tersebut.
Komunitas
belajar adalah sekelompok pendidik dan tenaga kependidikan yang belajar
bersama-sama dan berkolaborasi secara terjadwal dengan tujuan yang jelas dan
terukur untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, berbagi Praktik Baik
sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik.
Komunitas
belajar dalam sekolah sangat penting karena komunitas belajar menjadi wadah
untuk saling bertukar pendapat, menyelesaikan masalah yang muncul dalam
kegiatan sekolah Dan admininitrasi
guru dalam lingkungan
sekolah. merealisasikan terjadinya kolaborasi antar pendidik.
Dengan
adanya komunitas belajar dalam sekolah, ketimpangan kompetensi antar pendidik
dapat diminimalisir, sehingga peserta didik memeroleh pengalaman belajar dengan
kualitas yang sama siapapun pendidiknya.
Proses
belajar dalam komunitas yang terjadi secara berkelanjutan dan terprogram akan
membentuk lingkungan dan budaya belajar yang akan berdampak pada peningkatan
kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.
Berdasarkan
latar belakang tersebut maka Komunitas Belajar (Kombel) SD IT Quranic Al Abror
Kecamatan Natar melaksanakan Kegiatan Berbagi
Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka dan Perencanaan Berbasis Data dengan
tujuan Anggota komunitas akan berbagi pengalaman positif dalam
mengajar dan mengelola kelas
TUJUAN KEGIATAN
Guru
memahami dan menerapkan terkait :
1. Perencanaan
Berbasis Data (PBD) Rapor Pendidikan
2. Penyusunan
Program Tahunan dan Program Semester
3. Penyusunan
Capaian Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran
4. Penyusunan
Modul Ajar Kurikulum Merdeka
5. Penyusunan
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD
6. Penyusunan
Kisi-Kisi Soal dan instrumen penilaian
7. Penyusunan
Naskah Soal
8. Praktek
Presentasi Berbagi Praktek Baik
9. Tugas
Mandiri
MANFAAT
KEGIATAN
1. Memotivasi guru yang
profesional untuk mengembangkan
mutu dan prestasi kerja pada sekolah tempat tugas masing-masing.
2. Meningkatkan kemampuan profesional Guru,
khususnya kompetensi dalam mengajar.
3. Mengembangkan
kemampuan guru dalam bidang kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian,
kompetensi sosial dan kompetensi profesional.
SASARAN
Terwujudnya peningkatan
kompetensi Guru di Satuan Pendidikan SD IT Quranic Al Abror Kecamatan Natar
yang memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap yang profesional sebagai guru
sesuai dengan tugas dan tanggung jawab sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang.
TARGET
Target yang
harus dicapai dari kegiatan tersebut adalah peserta Berbagi
Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka dan Perencanaan Berbasis Data dapat
memahami dan memiliki keterampilan tentang Implementasi
Kurikulum Merdeka.
DESKRIPSI TEMPAT DAN WAKTU
TERBIMBING : Pemaparan, Diskusi dan Bimbingan
a) Tanggal
: 18 Maret 2024
b) Waktu
: 12.30 – 16.15 WIB
c) Tempat
: Aula Pertemuan SD IT Quranic Al Abror
MANDIRI : Pengayaan, Bimbingan dan Tugas Mandiri
a) Tanggal
: 19 - 27 Maret 2024
b) Waktu
: 08.00 – 14.30 WIB
c) Tempat
: Mandiri dan Daring
STRUKTUR KEGIATAN
Waktu |
Kegiatan |
Topik Materi |
Keterangan/Narasumber |
||
12.30 |
13.00 |
Pembukaan |
|
|
ZUNI
YAHYA, S.PKP, S.Pd |
13.00 |
13.45 |
Penyampaian Materi 1. |
Penyusunan Program Tahunan dan Program Semester |
Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) |
1.
ANNISA ALDA RAHMADINI, S.Pd (Guru
Kelas 6) 2.
NOVA REGILIANTI, S.Pd (Guru Kelas
4) 3.
LATI FIARI PUTRI, S.Si. (Guru
Kelas 1) |
13.45 |
14.30 |
Penyampaian Materi 2. |
Penyusunan Capaian Pembelajaran, Alur Tujuan
Pembelajaran |
Penyusunan Kisi-Kisi Soal dan instrumen penilaian |
|
14.30 |
15.15 |
Penyampaian Materi 3. |
Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka |
Penyusunan Naskah Soal |
|
15.15 |
16.00 |
Tugas |
|
|
|
16.00 |
16.15 |
Penutupan |
|
|
ZUNI YAHYA, S.PKP,
S.Pd |
REKAPITULASI KEHADIRAN
TERBIMBING : Pemaparan, Diskusi dan Bimbingan
Narasumber : 3 Orang
Peserta : 9 Orang
Jumlah : 12 Orang
MANDIRI : Pengayaan, Bimbingan dan Tugas Mandiri
Narasumber : 3 Orang
Peserta : 9 Orang
Jumlah : 12 Orang
DOKUMENTASI KEGIATAN